Apa Itu Keju Cheddar? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Keju Cheddar? Berikut Penjelasan Lengkapnya

19/08/2021

Keju Cheddar adalah jenis keju yang paling umum dijumpai di berbagai belahan dunia dan paling banyak dikonsumsi. Keju Cheddar terbuat dari susu sapi yang sudah dipasteurisasi. Keju Cheddar memiliki tekstur yang cenderung keras, berwarna putih pucat, memiliki rasa yang tajam dan gurih. Keju Cheddar berasal dari Inggris, tepatnya di sebuah desa bernama Cheddar di Somerset.

Berbagai produsen keju di belahan dunia saat ini menggunakan nama Cheddar karena nama ini tidak dipatenkan sehingga dapat digunakan siapa saja. Keunikan keju cheddar adalah semakin tua usia dari jenis keju ini, maka tekstur keju akan menjadi semakin keras. Dan keju cheddar yang lembut cenderung berumur lebih muda. 

Bagaimana cara menyajikan keju cheddar? Keju Cheddar dapat diolah dengan berbagai cara dan untuk berbagai hidangan, bahkan keju ini dapat dijadikan camilan dengan cara dimakan langsung.

Salah satu cara pengolahan keju cheddar yang paling umum adalah dengan cara diparut dan dijadikan topping atau filling dari makanan maupun minuman seperti roti dan susu. Cara menghidangkan keju cheddar adalah dengan dipanggang pada suhu tertentu agar menjadi renyah. Keju Cheddar juga dapat dijadikan taburan makanan untuk penyedap rasa.

Keju PROCHIZ memiliki beberapa varian keju cheddar, PROCHIZ Cheddar dan PROCHIZ Cheddar Gold. Prochiz Cheddar adalah varian keju yang memiliki tekstur lembut dan padat yang tidak hangus dan rontok apabila dipanggang, keju juga tidak menggumpal. Varian keju ini cocok digunakan sebagai filling atau isian, topping, dan bahan masakan. Karena teksturnya yang lembut dan padat, Keju PROCHIZ Cheddar dapat diolah ke dalam berbagai bentuk seperti diparut, dipotong dadu, atau dipotong persegi panjang seperti stik.

Keju PROCHIZ Gold Cheddar memiliki ciri khas yang cukup mirip dengan Keju PROCHIZ Cheddar, dengan tekstur yang serupa dan penggunaan yang sama. Letak perbedaannya adalah pada warna dan cita rasa. Keju PROCHIZ Cheddar memiliki warna kuning tua sedangkan Keju PROCHIZ Gold Cheddar memiliki warna kuning cerah. Letak perbedaan kedua adalah cita rasa Keju PROCHIZ Cheddar cenderung lebih ‘creamy’ karena kandungan susu yang lebih banyak sedangkan Gold Cheddar cenderung memiliki tingkat keasinan yang lebih tinggi. Hasil parutan dari Gold Cheddar juga lebih panjang dan tidak mudah putus sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat kue.

Berikut keterangan lengkap bahan baku dari masing-masing varian:

Bahan baku Keju PROCHIZ Gold Cheddar:
Water, Cheddar Cheese, Thickener Acid Treates Starch,Vegetable Oil, Emulsifiers (Disodium Phosphate, Trisodium Citrate, Sodium Polyphosphate), Salt, Acidity Regulator Lactic Acid, Natural Cheese Flavour, Presertvatives (Potassium Sorbate, Nisin), Non Fat Milk Solids, Color Annatto CI 75120

Bahan Baku Keju PROCHIZ Cheddar:
Cheddar Cheese, Water, Thickener Acid Treated Starch, Vegetable Oil, Emulsifiers (Disodium Phosphate, Trisodium Citrate, Sodium Polyphosphate), Salt, Acidity Regulator Lactic Acid, Natural Cheese Flavour, Preservatives (Potassium Sorbate, Nisin), Non Fat Milk Solids, Food Color Annato CI 75120
 

TIPS TERKAIT

Pilihan Menu Makan Siang yang Sehat

Pilihan Menu Makan Siang yang Sehat

Menyantap menu makan siang sangatlah penting karena tubuh membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk melanjutkan aktivitas hingga malam hari. Memilih menu makan siang bukanlah hanya sekedar racikan bumbu masak yang sedap ataupun jumlah porsinya. Akan tetapi, tetap perlu untuk memperhatikan kandungan gizinya agar tetap seimbang.

Cara Membuat Corndog Sosis Mozarella yang Nikmat

Cara Membuat Corndog Sosis Mozarella yang Nikmat

Camilan corndog sosis mozarella merupakan makanan sangat terkenal karena rasa lezat dan tentu dari kejunya. Yuk ikuti cara membuat corndog sosis mozarella berikut.

Menu Sarapan Terbaik untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Menu Sarapan Terbaik untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi menu sarapan setiap hari adalah kebiasaan yang baik jika kamu ingin menurunkan berat badan. Penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang menyantap menu sarapan setiap hari cenderung memiliki postur tubuh yang lebih langsing dan mereka yang sedang menajalankan program penurunan berat badan lebih cepat dalam prosesnnya.

5 Menu Makan Malam Anti-Mainstream untuk Keluarga

5 Menu Makan Malam Anti-Mainstream untuk Keluarga

Prochizlovers, kamu bosen dengan menu makan malam yang begitu begitu saja? Ingin mencari sesuatu yang baru untuk menu makan malam dengan keluarga? Pada artikel yang satu ini, keju PROCHIZ akan membagikan berbagai resep menu makan malam yang dijamin anti-mainstream dan bikin obrolan di meja makan semakin hangat!